Update

8/recent/ticker-posts

Mualem Pulangkan TKI dari Malaysia

 


Aceh Timur – Dimasa pandemi Covid-19, banyak TKI di Malaysia asal provinsi Aceh terkendala kepulangan ke daerah asal, baik itu dari segi biaya maupun penerapan protokol kesehatan di daerah itu yang ketat.

KetuaKPA/PA, H Muzakir Manaf atau Muallem berinisiatif  membantu pemulangan sejumlah rakyat Aceh di Malaysia.

Bantuan tersebut berupa proses dan biaya pemulangan dari Malaysia ke daerah asalnya.

Hal itu sesuai janji Tokoh Aceh ini untuk memulangkan TKI asal Aceh yang ada di Malaysia.

Muallem kepada media mengatakan, pemulangan ini akan dilakukan secara bertahap. 

“Untuk tahap pertama ada sekitar 5 orang TKI yang kita bantu pulangkan. Insya Allah akan segera kita lakukan pemulangan tahap selanjutnya” kata Panglima GAM itu.

Sementara itu, tim pemulangan TKI Malaysia yang juga tokoh Masyarakat Aceh Timur, H Azhari alias Maoop kepada awak media mengatakan, pemulangan tahap ke 2 akan dilakukan sebanyak 20 orang.

Menurutnya, kepulangan mereka juga melakukan standar protokol kesehatan yang berlaku, yaitu melakukan Swab tes di Malaysia dan selanjutnya mereka akan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di kediaman masing-masing.


Irsatullah, salah satu TKI asal Aceh yang dipulangkan oleh Ketua KPA/PA tersebut, mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Muallem yang telah membantu proses dan biaya pemulangannya dari Malaysia ke Aceh.

Menurutnya, masih banyak masyarakat Aceh di Malaysia saat ini membutuhkan bantuan untuk pulang  ke Aceh, "teman-teman di Malaysia tidak bisa pulang karena terkendala biaya" ujarnya.

Dalam proses pemulangan itu mereka di terbangkan dari Malaysia ke Indonesia, tepatnya di Bandar Kuala Namu Sumatra Utara, selanjutnya di jemput oleh tim Aceh Sepakat Medan dan selanjutnya diantar ke daerah masing-masing di Aceh. (Romy)