Update

8/recent/ticker-posts

Dua Hari Terendam Banjir, Petani Cabai di Aceh Timur Merugi Puluhan Juta


Aceh Timur - Setegah hektar tanaman cabai siap panen milik petani di Desa Seneubok Kuyun, kecamatan Idi Timur, kabupaten Aceh Timur rusak dan busuk direndam banjir selama dua hari.

Akibatnya, sejumlah petani merungi puluhan juta rupiah. Sebagian cabai yang dapat di panen di bagikan ke warga sekitar, karena mulai layu dan tidak dapat di pasarkan.

Kondisi tersebut memukul para petani lantaran tanaman cabai milik mereka gagal panen. Padahal dalam kurun waktu satu minggu kedepan tanaman mereka siap di panen, dan berencana dijual ke pasar tradisional kota Idi, yang nantinya sebagian hasil akan di gunakan untuk kegiatan Maulid Nabi di Dayah bersama warga setempat.

Samsul Bahri, pemilik lahan mengharapkan perhatian pemerintah setempat. Pasalnya musibah yang melanda mereka telah membuat perekonomian mereka terpuruk di tegah masa Pandemi Covid-19.

Menurutnya, banjir yang meredam lahan mereka terjadi sejak Jum'at kemarin, debit air sekitar 80 senti hingga satu meter.

"Sebagian buah yang dapat kami panen telah kami bagikan ke warga sekitar" ujar Samsul.

Sementara itu, Muhammad Geuchik Desa Seuneubok Kuyun, kecamatan setempat mengatakan, selain milik Samsul Bahri, juga terdapat puluhan hektar lainnya lahan petani yang terendam.

"kebanyakan lahan sawah dan rumah juga ikut terendam" kata Keuchik Seuneubok Kuyun. (Romy)