Update

8/recent/ticker-posts

DPW Partai Aceh Datangi Kantor DPRK Aceh Timur, Ada Apa?




Aceh Timur - Partai Aceh (PA) DPW Aceh Timur mendatangi Kantor DPRK Aceh Timur terkait belum dicairkan bantuan keuangan untuk Partai Aceh, Rabu (25/11/2020).

Kedatangan Plt ketua DPW PA Aceh Timur bersama sejumlah Panglima Sagoe tersebut di sambut ketua DPRK Aceh Timur, Tgk Muhammad Daud bersama Dewan lainnya dan memfasilitasi pertemuan dengan pemkab Aceh Timur.

Tujuan audensi tersebut untuk mengetahui dasar hukum kenapa hingga saat ini pemkab belum mencairkan bantuan keuangan untuk PA DPW Aceh Timur.

Menurut Plt Ketua Partai Aceh DPW Aceh Timur Zulfadli Aiyub alias Kupiah Seuke, Kesbangpol Aceh Timur sudah mengeluarkan rekomendasi bahwa PA DPW Aceh Timur telah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan parpol dari Pemkab Aceh Timur tahun 2020.

Lebih lanjut kata Kupiah Seuke kepada sejumlah awak media, terkait jawaban Bupati Aceh Timur dalam surat yang ditujukan kepada Zulfadli Aiyub  yang menyatakan bahwa pencairan dana Partai Aceh belum dapat dicairkan karena Syahrul bin Syamaun, mantan Ketua PA Aceh Timur yang juga Wakil Bupati Aceh Timur saat ini telah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung RI, sehingga pencairan dana tersebut baru dapat diproses apabila telah ada putusan tingkat kasasi yang berkekuatan hukum tetap.

Menurutnya, jawaban bupati tersebut tidak ada relevansinya. "Karena berdasarkan Permendagri No 36 Tahun 2018 Pasal 17 menyebutkan, parpol yang terjadi sengketa kepengurusan di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, pengajuan bantuan keuangan dapat dilakukan oleh; huruf (b) dilakukan oleh kepengurusan parpol tingkat provinsi, kabupaten/kota yang disahkan oleh DPP parpol yang sah dan terdaftar di Kemenkumham untuk bantuan keuangan dari APBD" jelas Kupiah Seuke.

"Karena itu, kami mohon kepada Pemkab Aceh Timur untuk segera mencairkan bantuan keuangan untuk Partai Aceh karena persyaratan sudah lengkap dan tidak ada bertentangan dengan hukum,” Harapnya.

Audensi itu diikuti oleh Plt Ketua DPW PA Aceh Timur, Zulkifli Aiyub alias Kupiah Seuke, Plt Sekretaris PA, Husni Husin, dan sejumlah pengurus Partai Aceh lainnya, serta para Panglima Sagoe.

Sementara dari Pemkab Aceh Timur diwakili Kepala Kesbangpol, Amiruddin bersama Kabid Mahfudhi, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Zulfikar, Kasubag Bantuan Hukum Mirza, Kepala Inspektorat, Sekwan, Ketua Komisi A, Fattah Fikri, dan sejumlah anggota DPRK Aceh Timur. (RS1)