PT Lingkar Media Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Komunikasi Praktis

Kakanwil Lampung,Inginkan Lapas/Rutan/LPKA Berkontribusi Kepada Negara Melalui PNBP

By On Agustus 12, 2020

 


LAMPUNG - Bertempat di Ballroom Emersia Hotel, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Lampung, Danan Purnomo membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Teknis Pemasyarakatan bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada jajarannya. Rabu, (12/08/2020).


Narasumber pada kegiatan yang mengambil tema "Optimalisasi Kegiatan Kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Tahun 2020" ialah Kepala Divisi Pemasyarakatan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi: Muchamad Mulyana, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi,Hendra Ekaputra serta Kasubdit Kegiatan Kerja dan Produksi: Kadek Anton Budiharta.


Tema ini berdasar pada Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yang salah satunya menginginkan adanya peningkatkan PNBP sebesar Rp 7 milyar pada UPT seluruh Indonesia.


Pada kesempatan ini, dihadiri pula oleh Kepala Divisi Administrasi : Ida Asep Somara, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM: Fatmawati beserta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung.


Sebelum membuka kegiatan, Danan menginginkan Lapas/Rutan/LPKA tidak hanya sekedar sebuah lembaga yang hanya bersifat menghabiskan aggaran negara, tetapi juga sebagai lembaga yang produktif dan dapat memberikan kontribusi kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihasilkan melalui kegiatan kemandirian narapidana.


"Bukanlah hal yang mustahil untuk mewujudkan target tersebut, namun tentunya diperlukan kerja keras dan strategi yang tepat". Ujarnya


Selain itu, ia menyampaikan bahwa perlunya membangun jejaring dan kolaborasi, baik di lingkungan internal maupun eksternal sehingga dapat memanfaatkan segala potensi yang ada.


"Membangun jaringan amatlah penting nilainya, karena tanpa jejaring segala sesuatu akan sulit dilakukan.


Mulailah dengan membangun kepercayaan, tetapkanlah tujuan dan seleksi kontak yang kita miliki". Katanya.


Sementara Mulyana dalam paparannya menyampaikan bahwa potensi yang ada di UPT Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung dalam mendapatkan PNBP sangatlah besar, terutama dalam ketahanan pangan.


"Di Lapas dan Rutan, hampir semuanya terdapat lahan yang luas dan berpotensi untuk menghasilkan PNBP". Katanya


Kemudian Hendra Ekaputra, yang menjadi salah satu yang ia bahas ialah terkait peningkatan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.


Menurutnya hal tersebut dapat dilakukan melalui kerja sama dengan stakeholders.


"Bisa dilakukan pembinaan kemandirian dalam bidang manufaktur, agribisnis, jasa dan sebagainya". Ujar Hendra.


Sejalan dengan narasumber lainnya, Kadek Anton Budiharta menyampaikan strategi dalam mencapai target PNBP yang tertuang pada Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020.


"Lakukan optimalisasi pembinaan kemandirian, kemitraan, pembiayaan dan pengelolaan, penyetoran dan penggunaan kembali PNBP serta gerakan cinta produk narapidana". Katanya


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi oleh para narasumber beserta para hadirin.[]

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »