PT Lingkar Media Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Komunikasi Praktis

IPB University Jalin Kerjasama Inovasi dan Kewirausahaan dengan Kadin Jabar

By On Agustus 04, 2020



BOGOR - IPB University dan Kamar Dagang dan Industri Povinsi Jawa Barat (Kadin Jabar) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan di Provinsi Jawa Barat. 



Penandatanganan MoU dilakukan di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga Bogor, (3/8).


Nota Kesepahaman atau MoU ditandatangani oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria bersama Ketua Umum Kadin Jabar, Ir Tatan Pria Sudjana, SE, MH dan disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi, IPB University, Prof Dr Dodik Ridho Nurrochmat, Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Dr Syarifah Iis Aisyah, Wakil Kepala  LPPM Bidang Penguatan Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan IPB University, Prof M Faiz Syuaib,  Direktur Sumberdaya Manusia IPB University, Dr Heti Mulyati  beserta staf Kadin Jabar.



Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan, IPB merasa senang dapat berkerjasana dan berkalaborasi dengan Kadin Jabar untuk banyak bidang utamanya dalam pengembangan bisnis. "Tidak hanya bidang pendidikan dan penelitian, akan tetapi yang utama dalam bidang bisnis, karena tugas Kadin sebagai mesin pertumbuhan bisnis sehingga IPB University sangat beruntung dengan kerjasama ini, IPB University juga terus menggandeng dan berkolaborasi dengan mitra-mitra yang bergerak dalan bidang bisnis," paparnya.



Saat ini, lanjut Prof Arif, sudah banyak program-program IPB University yang diaplikasikan langsung di lapangan terutama di Jawa Barat.


"Ada sekitar 53 desa yang sudah didampingi  termasuk di dalamnya pendampingan petani, yang harapannya dapat membantu pertanian dan petani untuk hidup sejahtera," kata Rektor.



Ia juga menambahkan, bahwa kemitraan kampus dan dunia industri menjadi suatu keniscayaan, harus terus didorong untuk saling berkolaborasi.


Hal ini karena dengan kolaborasi akan terbangun potensi kemampuan maju bersama yang saling menguntungkan.


IPB University juga akan mendorong bisnis pertanian terintegrasi dengan wisata dan aset-aset IPB University akan dikembangkan sebagai resort dan riset.


Sementara Ketua Umum Kadin Jabar, Ir Tatan Pria Sudjana, SE, MH mengaku sangat bersyukur adanya sinergitas antara Kadin Jabar dengan IPB University, karena yang menjadi konsep Kadin Jabar ingin mengoptimalkan model Triple Helix, yaitu hubungan dan kolaborasi antara universitas, industri, dan pemerintah sebagai strategi pengembangan untuk memenuhi modal sosial dan kesenjangan teknologi, sehingga model ini dapat memberikan kondisi yang optimal untuk inovasi perguruan tinggi.



"Jadi IPB University dapat bersinergi dengan Kadin Jawa Barat  untuk mengelola potensi-potensi dalam bidang agroindustri dan agriculture.


Saya juga sangat setuju dengan kalaborasi yang baik antara IPB dan Kadin Jabar. Kalaborasi menjadi kunci dalam membangun kedaulatan pangan, kedaulatan produk, estisensi pelaku usaha dan kemandirian ekonomi daerah," tuturnya.



Ir Tatan berharap kedepan semua potensi yang ada di Jawa Barat termasuk lahan tidur dapat dioptimalkan melalui kerjasama dengan kampus seperti IPB University.


"Jadi risetnya dari IPB University dan komersialisasinya dari Kadin. Harapannya dapat menguntungkan semua pihak termasuk masyarakat," pungkasnya.



Pada kesempatan ini, Kadin Jabar dan rombongan berkesempatan  melakukan kunjungan untuk melihat kebun inovasi pertanian di Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University.[publiser : dima]

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »