PT Lingkar Media Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Komunikasi Praktis

Pompanisasi Teunpen Bangkit Ekonomi Petani

By On Maret 20, 2020

Petani manfaatkan aliran air dari Pekerjaan pompanisasi yang dikerjakan oleh CV. Multi Karya .

Aceh Timur l linkNews.id - Memasuki musim tanam, petani Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur tidak lagi kekurungan air, walau intensitas curah hujan mulai berkurang.

Pasalnya, sebagian besar petani di Kecamatan setempat mulai memanfaatkan sumber air di saluran pembuangan primer (SPP) dengan cara pompanisasi untuk mengolah lahan sawah guna melakukan percepatan tanam dimusim gadu.


Pantauan taem media ini, pemanfaatan air dari pompanisasi yang telah dibangun didesa Teunpen bisa menjaga sumber air sumur bor dilokasi sawah milik mereka dan tersimpan baik. Air sumur bor itu sebagai cadangan dipergunakan pada saat kesulitan air dimusim gadu tahun 2020 ini. 

Cek Ali (50), petani Desa Teunpen, Kecamatan Peureulak Barat kabupaten Aceh Timur mengaku, dirinya memanfaatkan air dari pompanisasi untuk pengairan mengolah satu hektar lahan sawah miliknya. 

“Panen padi telah selesai, saya harus percepatan olah lahan sawah untuk ditanami padi kembali musim gadu ini,” kata Cek Ali.


Dikatakan, menjelang musim gadu ini intensitas hujan mulai berkurang dan sumber air di sumur bor miliknya sudah mulai menyusut. Dengan terselesainya pekerjaan pompanisasi yang dikerjakan oleh CV. Multi Karya kami para petani sudah mampu mengolah lahan persawahan tanpa kesulitan air.

“Awal maret sudah memasuki musim kemarau. Pemanfaatan sumber air dari pompanisasi sangat bermamfaat untuk percepatan penanaman selanjutnya dan memenuhi kebutuhan Air pada saat kesulitan air nanti,” katanya.


Selain itu, Nurma (45) petani Desa Paya Seuengat kecamatan setempat juga mengatakan hal yang sama. Saat ini Untuk kebutuhan air pada lahan miliknya bisa lansung memamfaatkan aliran air dari pompanisasi yang dibangun di Desa Teunpen.

“Dulu kami menyedot air mealului sumur bor tapi setelah selesai dibangun pompanisasi oleh rekanan CV.Multi Karya kami tidak perlu lagi menggunakan sumur bor. Kita sangat berterimakasih kepada pihak rekanan yang telah  menyelesaikan pekerjaan pompanisasi didesa Teunpen. Sehingga para petani tidak lagi kekurangan air pada proses tanam dibulan maret ini". Pungkasnya. (Romy/MR)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »