PT Lingkar Media Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Komunikasi Praktis

10 Gampong di Aceh Timur Terima Dana 2020

By On Maret 20, 2020

Sekertaris DPMG Aceh Timur, Talfiahsya,S,Sos, ST 


Aceh Timur l linkNews.id -- Sebanyak 10 Desa dari 513 Desa (Gampong) di Kabupaten Aceh Timur mulai menerima penyaluran dana Desa tahap pertama anggaran Tahun 2020 melalui tranfer langsung oleh Pemerintah Pusat, 20 Maret 2020

Desa tersebut berasal dari 5 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Peureulak yaitu Desa Paya Lipah, Kuala Begak, dan Desa Cot Geulumpang, sementara Kecamatan Sungai Raya, Desa Paya Kuetapang, Kuala Perak, dan Desa Sungai Simpang.

Selain itu juga dari Kecamatan Darul Aman Desa Alue luddin dua, sedangkan Kecamatan Simpang Ulim Desa Alu Kumbang maupun dari Kecamatan Peunaron yaitu Desa Bukit Tiga serta Peureulak Timur, Desa Seuneubok Dalam.

Sekertaris  Pembedayaan Masyarakat Gampong (DPMG), Aceh Timur, Talfiahsya,S,Sos, ST mengatakan, penyaluran dana desa pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

'' Perbedaannya dari Tahun-Tahun sebelumnya  Dana langsung ditransfer dari Pemerintah pusat ke rekening yang dikelola perangkat Desa tanpa melalui Pemerintah Kabupaten,'' Kata Sekertaris DPMG Aceh Timur.

'' Untuk saat ini yang telah menerima dana tranfer sebanyak 3 Desa, diantaranya Desa Paya Lipah, Desa Kuala Bugak serta Desa Alue Luddin Dua sedangkan 7 Desa lainnya juga akan menerima tranfer tahap pertama dari pemerintah pusat'' Jelas Talfisyah

Aceh Timur Kekurangan Dana Siltap

Lebih lanjut Kata Sekertaris DPMG Aceh Timur menjelaskan Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur juga terkendala dari alokasi dana tambahan yang bersumber dari APBN, pasalnya berdasarkan PP 11 2019 untuk menyetarakan Siltap perangkat Desa tidak sejajar dari penambahan dana Siltap tersebut.

'' Aceh Timur dari 513 Desa hanya mendapatkan dana tambahan sebesar 31.5 miliar, jadi untuk penyertaan Siltap itu mendapatkan kekurangan, namun terkait kekurangan itu Pemerintah Aceh Timur masih berkoordinasi dengan Mentri Keuangan untuk segera dapat menyelesaikan persoalan tersebut,'' Pungkasnya.

Dirinya berharap kepada para Kepala Desa dari 503 Desa lainnya agar segera melaksanakan tahapan untuk pencairan dana tahun 2020 dan menyelesaikan persoalan tahun 2019. (Romy)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »